Cara Mudah Membuat OS Ubuntu Portable

Anda pengguna Linux dan sering beraktivitas dengan OS open source ini? Apa yang terjadi bila anda ingin memakai Linux akan tetapi mendapati komputer yang ber-OS lain? Cukup dengan berbekal dengan flashdisk dan PC ber OS apapun anda bisa menjalankan Ubuntu dari flashdisk mungkin dulu kita memakai Live CD untuk bisa menikmati Ubuntu di PC lain tapi sekarang sudah tak jamannya lagi kemana-mana membawa CD.

Kenapa harus Ubuntu sementara masih banyak distro lain bertebaran diluar sana? Salah satu alasan terkuat adalah Ubuntu merupakan distro yang kompatibel di segala jenis komputer dan tampilannya pun mudah dipahami dan sederhana.
Apabila anda memiliki flashdisk berkapasitas minimal 1GB (semakin besar lebih baik karena anda bisa menginstall bermacam-macam aplikasi) anda bisa menginstall OS Ubuntu langsung dan menjalankannya di PC manapun. Dan tool yang bisa digunakan untuk membuat Flashdisk Anda terisi Ubuntu, anda bisa menggunakan Unetbootin yang bisa diunduh di http://unetbootin.sourceforge.net/
Pilih aplikasi berbasis Windows, Linux atau Mac OS yang sesuai dengan PC yang akan digunakan sebagai basis saat membuat flashdisk ber-OS. DI tutorial kali ini kita memakai Windows sebagai basis PC kita. Lalu pilih Download (for Windows).
Jika anda belum memiliki file ISO Ubuntu silahkan mendownload versi terbaru Ubuntu di www.ubuntu.com. Versi teranyar Ubuntu saat ini Ubuntu 12.04 LTS lalu pilih sesuai chipset anda, i386 atau amd64. Setelah file ISO selesai diunduh, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Siapkan file ISO Ubuntu yang telah diunduh. Letakkan file tersebut di folder tertentu agar lebih mudah menemukannya.
  2. Sebelumnya format flashdisk anda dengan format FAT atau FAT32. Karena FAT mampu dikenal oleh BIOS komputer-komputer lama.
  3. Jalankan aplikasi Unetbootin yang sudah diunduh terlebih dahulu klik 2x bagi WIndows XP dan klik kanan lalu klik run as administrator bagi WIndows Vista dan 7. Lalu akan muncul window seperti dibawah ini.
  • Ada dua pilihan. Distribution jika anda ingin memilih distro lain dan langsung mendownload file ISO dari internet. Pilihan kedua adalah DIskimage. Gunakan pilihan ini jika anda sudah memiliki file ISO di dalam Harddisk, lalu klik browse. Kemudian di pilihan Type pilih USB Drive.
  • Jika sudah menentukan semua pilihan di window tersebut, klik tombol OK. Maka proses pembuatan akan segera dimulai.
  • Tunggu sampai proses selesai. Sampai muncul tampilan seperti di bawah ini. Untuk mengetest hasil instalasi OS silahkan reboot komputer anda.
  • Pada saat proses reboot pastikan anda bisa masuk ke BIOS anda, biasanya dengan menekan tombol Delete di keyboard. Lakukan perubahan pada boot setting. Pilih USB Drive sebagai sumber booting pertama, jika sudah anda tinggal simpan settingan BIOS dan lakukan reboot ulang. Dan pastikan USB Drive anda tetap terpasang.
  • Proses booting akan dilakukan dengan menggunakan flashdisk anda dan jika anda sudah masuk ke menu login Ubuntu selamat anda sudah sukses menginstall Ubuntu di flashdisk, tanpa perlu membuat partisi baru di harddisk anda.
  • Cukup Praktis bukan, sekarang anda bisa memakai Linux di komputer manapun. Selamat mencoba.

    0 komentar: